Sabtu, Juli 20, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Cuaca Ekstrim di Klungkung: Pohon Tumbang, Tiang Listrik Roboh, dan Longsor

KLUNGKUNG – Kabupaten Klungkung dilanda cuaca ekstrim dalam bentuk curah hujan tinggi dan angin kencang yang terjadi sejak Rabu malam hingga Kamis (6/7).  Bencana tersebut menyebabkan berbagai kejadian seperti pohon tumbang, tiang listrik roboh, dan longsor di beberapa lokasi.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klungkung, I Putu Widiada, menyatakan bahwa curah hujan deras yang terjadi mengakibatkan banyak pohon tumbang di wilayah Klungkung.

BPBD Klungkung telah melakukan penanganan terhadap pohon-pohon yang tumbang sejak Rabu malam. Salah satu kejadian yang cukup parah adanya pohon besar yang tumbang melintang dan menutupi jalan utama di Desa Bakas, menuju Kabupaten Bangli.

Setelah menerima laporan, BPBD Klungkung bekerja sama dengan Polsek Banjarangkan segera melakukan penanganan. “Dalam waktu sekitar satu jam, jalan yang tertutup akibat pohon tumbang dapat dibersihkan sekitar pukul 21.00 Wita,” kata Widiada, Kamis (6/7).

Selain itu, akses jalan di wilayah Desa Pau, menuju Kecamatan Tembuku Bangli, juga terhambat akibat pohon tumbang pada dini hari Kamis.

Tim penanganan dari BPBD Klungkung berhasil membersihkan pohon-pohon kelapa dan pohon besar lainnya yang tumbang di lokasi tersebut hingga pukul 6 pagi.

Dengan kondisi cuaca yang masih buruk, BPBD Klungkung mengimbau masyarakat untuk tidak berlindung di bawah pepohonan, terutama pohon yang sudah rapuh.

Widiada jugga mengingatkan bahwa bencana dapat terjadi kapan saja, terutama dalam kondisi cuaca ekstrem seperti ini, sehingga tetap waspada sangat penting.

Selain pohon tumbang, BPBD Klungkung juga menangani kasus tiang listrik yang roboh di wilayah Desa Besan, Kecamatan Dawan Klungkung. Tiang listrik yang jatuh tersebut menutup akses warga dan mengakibatkan pemadaman listrik di sekitar area tersebut.

Tidak hanya itu, hujan deras juga menyebabkan longsor di wilayah Lebah, Kelurahan Semarapura Kangin. Dalam musibah ini, sejumlah bangunan pelinggih milik warga setempat tertimbun oleh pohon-pohon dan material tanah yang longsor.

Dalam upaya penanganan pohon tumbang di Desa Besang Kawan dan Desa Manduang, Kecamatan Klungkung, BPBD Klungkung melibatkan Unit Patroli Sat Samapta Polsek Klungkung. Hal ini dilakukan untuk memastikan keamanan pengguna jalan selama proses penebangan pohon, yang kemungkinan dapat menyebabkan kemacetan.

Kerjasama antara BPBD Klungkung dan Polsek Klungkung ini bertujuan untuk mencegah kemacetan lalu lintas yang mungkin terjadi selama proses penanganan bencana. Iptu I Ketut Merta, Kanit Samapta Polsek Klungkung, menjelaskan bahwa sinergi tersebut dilakukan demi memberikan rasa aman kepada pengguna jalan yang melewati area tersebut. (009)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER