Selasa, Juni 25, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Disdukcapil Denpasar Sidak Duktang Di Pelabuhan Benoa.

DENPASAR – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) bersama Satpol PP Kota Denpasar, melakukan sidak arus balik penduduk pendatang, di Pelabuhan Benoa, Bali, Senin (8/5/2023).

“Kegiatan seperti ini sudah rutin dilakukan untuk menghindari adanya warga yang tidak membawa identitas saat masuk Denpasar,” kata Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kota Denpasar, Putu Pujiastuti.

Dalam sidak tersebut, kata dia, sebanyak 400 penumpang transit di Pelabuhan Benoa, sedangkan yang turun hanya 38 orang. Dari pantauan seluruh penumpang lengkap dengan identitas. Selain itu, barang bawaan mereka juga dicek.

Pihaknya mengimbau kepada warga yang akan kembali ke Kota Denpasar selepas mudik, selalu membawa identitas diri Selain itu, pendataan dan sidak penduduk pendatanh (duktang) atau penduduk non permanen juga akan bekerjasama dengan desa/kelurahan.

Lebih lanjut pihaknya mengatakan jika ada warga yang kembali ke Denpasar tanpa membawa identitas maka akan ditangani Satpol PP sebagai penegak Perda.

Adapun hal ini dapat dilaksanakan tindakan seperti halnya mencari penjamin, Sidang Tindak Pidana Ringan (Tipiring), bahkan pemulangan kembali.

“Bagi penduduk yang tidak membawa E-KTP harus menghubungi saudaranya agar tujuan mereka jelas di Kota Denpasar. Jika tidak ada sanak saudara sebagai penjamin, maka Satpol PP akan melaksanakan tindaklanjuti dengan Sidang Tipiring bahkan sampai dipulangkan kembali,” katanya.(WIR)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER