Sabtu, Juni 15, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Diskominfo Badung Latih Kepala Desa Wujudkan Desa Digital

BADUNG– Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Badung, Bali, melatih seluruh kepala desa dan lurah di wilayah itu untuk mewujudkan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) dan mendorong terwujudnya desa-desa digital.

“Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta telah memberikan arahan kepada seluruh desa/kelurahan untuk segera melakukan transformasi digital menjadi desa/kelurahan digital, sehingga kami diminta untuk menjadi pendamping desa dan kelurahan dalam melaksanakan transformasi digital,” ujar perwakilan Dinas Kominfo Badung Ida Bagus Putu Nata Biksuka di Mangupura, Kabupaten Badung, Kamis.

Ia mengatakan kegiatan itu dilaksanakan Diskominfo sebagai pengampu tugas dan fungsi penerapan teknologi informasi di Badung dengan sosialisasi yang dilakukan setiap harinya di satu kecamatan guna menyamakan visi tentang desa berbasis digital.

“Sampai saat ini, di pemerintah pusat belum ada standar atau indikator yang resmi untuk desa digital. Untuk itulah, kami sampai seminggu ke depan melaksanakan sosialisasi desa digital,” kata dia

Dia menjelaskan Diskominfo Badung bersama Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Badung juga menyusun bersama konsep desa digital yang nantinya akan dituangkan dalam sebuah buku rancangan yang isinya visi dan misi untuk menuju desa digital.

Menurut dia, tantangan desa digital tidak hanya tergantung kepada infrastruktur dan aplikasi, tapi tantangan terbesarnya adalah pada SDM. Jadi SDM ini termasuk perangkat desa dan masyarakat.

“Insfrastruktur dan sistem yang canggih tidak akan bisa berfungsi optimal apabila SDM sebagai operatuor atau pengguna tidak bisa memanfaatkan dengan optimal,” ungkap dia.

Ia menambahkan sosialisasi itu juga mengangkat materi tentang upaya pembangunan aplikasi seperti fungsi aplikasi, regulasi dan sistem dokumentasi keamanan, serta integrasi aplikasi yang dinilai penting untuk mewujudkan satu data Badung.

Selain itu, kegiatan tersebut juga membahas tentang data center Badung yang dapat digunakan seluruh perangkat daerah dan desa/kelurahan serta materi tentang media sosial yang menyangkut tentang branding dan lainnya. (ant/sb)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER