Senin, Juni 17, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Ditempati Bulan Juli, Intip Progres Rumah Menteri di IKN

NUSANTARA – Pemerintah terus mendorong penyelesaian pembangunan infrastruktur dasar pendukung Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Hal ini selaras dengan target penyelesaian IKN Batch 1 pada Agustus 2024 ini demi mendukung pelaksanaan Upacara HUT RI ke-79 di IKN.

Selaras dengan hal ini, sejumlah pejabat negara dan pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) akan pindah ke IKN dalam periode tersebut. Termasuk di antaranya ialah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono yang akan pindah mulai Juli. Lalu, sejauh mana progres pembangunannya?

Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H Sumadilaga mengatakan, saat ini progres Rumah Tapak Jabatan Menteri (RTJM) pembangunan fisiknya sudah mencapai 78%. Dengan demikian, sebentar lagi pekerjaannya akan rampung.

“Rumah Tapak Jabatan Menteri ya, waktu terakhir 50%-an berapa. Sekarang, sudah 78%,” kata Danis, kepada awak media, di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Jumat (16/2/2024).

Sementara untuk rumah susun (Rusun) ASN sendiri saat ini progresnya sudah di atas 30%, rinciannya Rusun ASN1 realisasinya 30,8% dan Rusun ASN 4 34%. Begitu pula dengan hunian TNI/Polri dan BIN yang sudah sekitar 30%.

Secara keseluruhan, rusun ASN dan Hankam berjumlah 47 tower. Kementerian PUPR menargetkan 12 tower di antaranya akan rampung pada Juli 2024 ini dan siap menyambut ASN yang pindah ke IKN. Meski progresnya masih cukup jauh, Danis optimistis pihaknya mampu menyelesaikan 12 tower itu tepat waktu.

“Insyaallah, kita 12 itu kita fokuskan ini kan sekarang paralel 47 tower. Tapi kita akan mengerucut, gimana resources-nya 12 dulu. Dari 47 nanti kita kejar 12. Termasuk furniturnya apanya sudah kita siapkan dari sekarang,” jelasnya.

Lebih lanjut Danis mengatakan, secara keseluruhan saat ini progres IKN Batch 1 sudah mencapai 74%. Ia menyebut, saat ini progres Istana Negara dan Lapangan Upacara sendiri telah mencapai 55%. Sementara Kantor Presiden sudah mencapai 73,67%.

Kemudian untuk 4 komplek Kantor Kemenko, saat ini progresnya antara lain Kemenko 1 sudah 48,9%, Kemenko 3 sudah 54,2%, dan Kemenko 4 sudah 54%. Hanya saja Kemenko 2 masih sekitar 35%-an.

“Kantor Kemenko. Ada 1-4. Setiap Kemenko ada 4 building (jadi total 16 gedung). Terus sekarang rata-rata Kemenko, dari 16 (gedung) kita targetkan 14 (rampung duluan). Karena dari Kemenko 2 proses pengadaannya agak terlambat,” ujar dia.

Sebagai tambahan informasi, sebelumnya Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan akan mulai pindah ke Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara pada bulan Juli 2024. Rencana tersebut sejalan dengan target pelaksanaan Upacara HUT RI ke-79 di sana. Kementerian PUPR menjadi kementerian yang masuk ke jajaran paling pertama pindah.

“Saya nanti akan pindah bulan Juli ke sana,” kata Basuki di Kantor Kementerian PUPR, Jakarta Selatan, Jumat (2/2/2024). (*/dtc)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER