Jumat, Juli 19, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

DPRD Segera Usulkan Nama Calon Penjabat Gubernur Bali

TABANAN – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bali segera mengusulkan empat kandidat Penjabat Gubernur ke Menteri Dalam Negeri. Rencananya usulan ini akan disampaikan pada awal Juni 2023.

“(Rencana pengajuan usulan) awal Juni 2023,” ujar Ketua DPRD Bali I Nyoman Adi Wiryatama saat Road to Bali Digifest II 2023 yang berlangsung di Taman Bung Karno, Tabanan, Minggu (28/5/2023).

Adi Wiryatama menyebut dari DPRD Bali akan menyetorkan empat nama sebagai usulan. Dan, usulan yang sama juga akan disampaikan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Itu (seluruh usulan nama calon) nanti disandingkan. Yang penting itu (syaratnya) sama-sama Eselon I,” ujarnya.

Sekalipun berhak mengusulkan, demikian juga dengan Kemendagri, penentuan akhir soal Penjabat Gubernur Bali saat Wayan Koster dan Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati purnatugas sebagai gubernur dan wakil gubernur ada pada Presiden.

“Keputusan akhirnya, saya dengar, itu di Presiden,” kata Adi Wiryatama yang juga politikus PDIP Tabanan ini. Adi Wiryatama berharap Penjabat Gubernur Bali nantinya mampu melanjutkan program pemerintahan yang telah dirancang Koster sebelumnya.

“Tentunya (Penjabat Gubernur) yang datang harus simetris dengan apa yang telah dilakukan Gubernur (Koster). Kalau yang datang kontraproduktif, kan kembali ke nol. Tiarap,” sebutnya.

Bahkan, AdiWiryatama mencetuskan keinginanDPRD Bali untuk bertemu langsung dengan masing-masing calon penjabat gubernur yangnantinya mengisi kekosongan jabatan selepasKoster menuntaskan periodekepemimpinannya.

“Kalau bisa, kami (DPRD Bali) akan ketemu dengan masing-masing (kandidat), sebelum diputuskan,” tukasnya.

Sayangnya, Adi Wiryatama enggan menyebut nama-nama calon Penjabat Gubernur Bali yang hendak diusulkan DPRD Bali. Pun demikian ketika dikonfirmasi apakah Sekda Provinsi Bali Dewa Made Indra masuk ke dalam usulan tersebut. “Belumlah,” jawabnya menyudahi.

Sementara itu, Gubernur Wayan Koster yang disinggung soal kandidat Penjabat Gubernur Bali enggan berkomentar. Ia hanya meminta untuk urusan tersebut dinantikan saja. “Tunggu saja,” jawabnya singkat setelah menghadiri acara yang sama. (nor/gsp/dtc)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER