Sabtu, Juni 15, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Empat Perbekel Terima Penghargaan Paralegal Justice Award 2023

KLUNGKUNG – Empat perbekel (jabatan setingkat kepala desa) di Kabupaten Klungkung menerima penghargaan berupa gelar Paralegal Justice Award 2023 dari Badan Pembinaan Hukum Nasional (BPHN) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Anugerah Paralegal Justice Award Tahun 2023 ini diprakarsai Badan Pembinaan Hukum Nasional Kemenkumham. Gelar ini diberikan sebagai bentuk apresiasi Pemerintah kepada Kepala Desa atau Lurah/Perbekel yang berprestasi, atas pengabdiannya, sebagai juru damai di desa.

Empat perbekel dari Klungkung yang memperoleh gelar tersebut yakni, Perbekel Desa Negari I Gusti Ngurah Bagus Mahendra, Perbekel Pesinggahan I Nyoman Suastika, Perbekel Tihingan I Wayan Sugiarta, dan Perbekel Desa Aan I Wayan Wira Adnyana.

Keempat perbekel ini berhak atas Paralegal Justice Award 2023 dengan skor yakni Perbekel Desa Aan 81,81, Perbekel Tihingan 87,44, Perbekel Negari 95,19 dan Perbekel Pesinggahan 96,75.

Sementara seleksi terakhirnya memperebutkan Paralegal Justice Award 2023 dilaksanakan pada tanggal 29 – 31 Mei 2023 di Discovery Hotel Ancol Jakarta Utara.

Mereka meraih gelar pada malam Anugerah Paralegal Justice Award 2023, di Hotel Discovery Ancol Jakarta Utara, pada hari Kamis, 1 Juni 2023 Malam saat puncak hari lahir Pancasila.

Perbekel Desa Pesinggahan, I Nyoman Suastika dalam keterangannya mengatakan, merasa sangat bersyukur sekali bisa dapat memperoleh perhargaan yang luar biasa ini.

Raihan ini tentunya merupakan tantangan besar bagi kami untuk bisa mempertahankan dan sebisa mungkin untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.

“Dengan atribut dan legalitas ini kami berharap bisa menyelesaikan setiap permasalahan-permasalahan yang ada di Desa nantinya dengan damai,” ujarnya, Selasa, 6 Juni 2023.

Lanjutnya, sebelum kami mengikuti kompetisi ini, kami telah mendapatkan bimbingan dari bupati Klungkung. “Sehingga dalam pelaksanaannya kami telah siap, berlandaskan dengan sepirit gema santi yang selalu damai,” kata Suastika di sela-sela acara pertemuan Bupati Klungkung.

Sementara itu, Suwirta mengatakan dengan peraihan Paralegal Justice Award 2023, Perbekel selaku perpanjangan Pemerintah wajib sebagai hakim perdamaian dalam menangani perkara-perkara di Desa.

“Tentunya Perbekel harus bijak dalam memecahkan perkara-perkara yang ada di Desa tanpa masuk ke jalur hukum formal”, ungkap Politisi PDIP tersebut.

Setelah ini Perbekel juga didorong untuk bisa membangkitkan ekonomi desa dan investasi yang ada didesa dan yang paling penting Perbekel harus dapat mendorong generasi muda untuk mempunyai jiwa wirausaha entrepreneur.

Setelah ini Perbekel harus menjadi contoh didesanya. “Dengan Perubahan perilaku, sikap dan disetiap ada masalah didesa harus ada ditengah tengah masyrakat,” tegas Suwirta. (009)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER