Senin, Mei 20, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

GMNI Bali Adakan Konfercab, Resmi Bentuk DPC Tabanan dan Bangli

TABANAN – Sejumlah pemuda yang terhimpun dalam Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) di Bali menggelar konferensi cabang (Konfercab) serentak selama tiga hari, mulai Jumat (29/9/2023) sampai Minggu (1/10/2023), bertempat di Wisma PLN Bedugul, Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan.

“Menariknya saat konfercab ini diresmikan juga pendirian struktur DPC GMNI di Kabupaten Tabanan dan Bangli. Selain itu digelar pula konferda (konferensi daerah) DPD GMNI Bali yang melahirkan ketua terpilih,” ungkap Ketua Badan Pekerja Konfercab dan Konferda GMNI, Bagus Indra, melalui keterangan tertulis, Senin (2/10/2023).

Bagus Indra pun menyampaikan dalam kegiatan tersebut pihaknya mengusung tema ‘Satu Tarikan Nafas Estafet Perjuangan’.

“Tema itu menjadi spesial karena menjadi penanda terbentuknya dua DPC GMNI serta lahirnya DPD GMNI Bali melalui konferda,” paparnya.

Sementara itu, Ketua DPD GMNI Bali terpilih, I Putu Chandra Riantama menyebut bahwa seluruh rangkaian konfercab dan konferda ini telah menjadi bagian dari sejarah GMNI di Pulau Dewata.

Dia pun menuturkan dalam kegiatan tersebut  telah terpilih beberapa ‘nahkoda’ baru yang akan memimpin jalannya organisasi GMNI di sejumlah daerah di Bali, yakni I Wayan Hendra sebagai Ketua DPC GMNI Denpasar; Kadek Pradhita Ciwa Radhitya ketua terpilih DPC GMNI Buleleng; I Gede Made Bima Oktafian ketua terpilih DPC GMNI Tabanan, dan I Wayan Bayu Astra Wiguna sebagai ketua terpilih DPC GMNI Bangli.

Seperti diketahui, GMNI secara nasional telah berdiri sejak tanggal 23 Maret 1954 sebagai organisasi mahasiswa yang berpegang teguh pada ajaran Marhaenisme yang merupakan sebuah ideologi ajaran Bung Karno.

Beberapa tokoh politik nasional seperti Megawati Soekarnoputri, Ganjar Pranowo hingga Djarot Saiful Hidayat merupakan sejumlah kader terkemuka hasil didikan GMNI.

Sedangkan di Bali, ada sejumlah tokoh yang merupakan alumni GMNI, seperti mantan Wakil Gubernur Bali yang kini menjabat Anggota DPR RI dari PDIP, IGN Alit Kesuma Kelakan, selain itu ada pula I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi yang kini sebagai Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), serta masih banyak lagi tokoh-tokoh lainnya. (Dre)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER