Sabtu, Juni 15, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Kredit PSP Pertanian Jadi Solusi Permasalahan Dihadapi Petani

TABANAN – Peluncuran Kredit Pembiayaan Sektor Prioritas (KPSP) Pertanian kepada petani padi, oleh OJK Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara, diharapkan menjadi solusi permasalahan yang dihadapi petani.

“Pada acara Bali Financial Experience Festival (BALI FINEF) 2023 di Gedung Mario Kabupaten Tabanan beberapa waktu lalu, diharapkan dapat menjadi solusi untuk permasalahan yang dihadapi petani dengan sasaran petani padi yang berada di kelompok subak yang merupakan organisasi kemasyarakatan yang khusus mengatur sistem pengairan sawah (irigasi),” kata Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK, Mirza Adityaswara, dalam keterangannya Minggu (29/10/2023).

Peluncuran KPSP ini, merupakan puncak perayaan Bulan Inklusi Keuangan (BIK) 2023 di Provinsi Bali, yang juga diharapkan bisa mendongkrak kredit/pembiayaan sektor pertanian di Bali yang masih sangat rendah yaitu hanya 5,13 persen dari portofolio kredit industri di Bali.

“Jumlah ini masih jauh dibandingkan dengan kredit di sektor penunjang pariwisata (akomodasi, makan dan minum) yang porsinya mencapai dua kali lipat. Keberadaan KPSP diharapkan bisa membantu permodalan bagi petani ketika akan memulai musim tanam padi,” katanya.

Sebelumnya, pada Juni 2021 OJK telah mengeluarkan Generic Model Skema Kredit/Pembiayaan Sektor Prioritas (KPSP) Pertanian yang menjadi acuan bagi program Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) di sektor pertanian.

Ditambahkan Bupati Tabanan, I Komang Gede Sanjaya menyampaikan masyarakat di Kabupaten Tabanan yang terdiri dari 10 kecamatan, masih memerlukan peningkatan literasi dan inklusi keuangan, sehingga masyarakat dapat memanfaatkan produk dan layanan jasa keuangan dengan baik dan mendukung usaha yang dimiliki.

Kegiatan BALI FINEF 2023 dimeriahkan oleh expo UMKM binaan Kabupaten Tabanan dan booth lembaga jasa keuangan, talkshow Literasi dan Inklusi Keuangan oleh OJK.(WIR)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER