Jumat, Juli 19, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Mayjen TNI Harfendi Pimpin Kodam IX/Udayana

DENPASAR – Usai acara pisah sambut Pangdam IX/Udayana, di Lapangan Apel Makodam IX/Udayana, Denpasar, Rabu (23/8/2023). Secara resmi Mayjen TNI Harfendi mengambil alih tongkat komando Kodam IX/Udayana, menggantikan Mayjen TNI Sonny Aprianto.

Mayjen TNI Harfendi mengharapkan, dukungan semua stakeholder dan pemangku kepentingan terutama di Bali, untuk melanjutkan sinergi yang telah terjalin dengan baik.

“Tanpa saudara-saudara semua, kami tidak bisa menjalankan tugas dengan maksimal,” harap Herfendi.

Jabatan Panglima Kodam IX/Udayana secara resmi diserahterimakan dari pejabat lama Mayjen TNI Sonny Aprianto kepada penggantinya Mayjen TNI Harfendi.

Pergantian pejabat Pangdam IX/Udayana dilaksanakan sesuai Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/779/VII/2023 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan TNI, dimana Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Harfendi, sebelumnya menjabat sebagai Koorsahli Panglima TNI. Sementara itu, Mayjen TNI Sonny Aprianto, akan menempati posisi barunya sebagai Asintel Panglima TNI.

Mayjen Herfendi sejatinya bukan wajah baru di Bali karena sebelumnya pernah menduduki jabatan Kasdam IX/Udayana tahun 2021 sampai 2022. Mayjen Harfendi juga pernah menduduki berbagai jabatan, seperti Kazidam XVII/Cenderawasih tahun 2012 sampai 2013. Aslog Kasdam XVII/Cenderawasih tahun 2013. Paban IV/Faskon Slogad tahun 2018. Waaslog Kasad Bidang Renbin Minlog tahun 2020 sampai 2021 dan sejumlah posisi strategis lainnya.

Sementara itu, Mayjen Sonny dalam kesempatan tersebut mengutarakan perasaannya yang menyebut Bali dan Kodam IX/Udayana sangat sulit dilupakan dan sangat berkesan.

“Selama 33 tahun bertugas sebagai prajurit, mungkin disini yang paling berkesan. Baik dari lingkungannya dan juga keluarga besar kita disini, yang punya loyalitas dan integritas tinggi,” kata Sonny.

Dalam kesempatan tersebut Wakil Gubernur Bali, Tjokorda Oka Artha Ardhana menyerahkan cinderamata kepada Mayjen TNI Sonny Aprianto yang sudah mengakhiri tugasnya bertugas di Kodam IX Udayana.

Secara khusus, Wagub menyerahkan cinderamata berupa Topeng Patih sebagai kenang-kenangan kepada Mayjen Sonny Aprianto. Lebih lanjut, Guru Besar ISI Denpasar itu juga menjelaskan bahwa Topeng Patih karya pengrajin lokal Bali tersebut mempunyai simbol kekuatan dan keteguhan. “Dengan ini saya berharap Mayjen Sonny Aprianto bisa kuat dan teguh membela keadilan dimanapun ditugaskan,” imbuhnya.

Wagub Bali mengapresiasi kinerja luar biasa dari Mayjen TNI Sonny Aprianto selama ini dalam bersinergi dengan Pemerintah Provinsi Bali. Juga untuk Panglima IX/Udayana yang baru, Penglingsir Puri Ubud ini mengajak untuk terus menjalin kolaborasi demi menjaga pertahanan serta mendukung suksesnya berbagai event internasional di Pulau Dewata.(WIR)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER