Minggu, Mei 19, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Menko PMK Dorong Kampus Siapkan SDM Guna Dukung Pembangunan IKN

JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Prof Muhadjir Effendy mendorong agar kampus dapat menyiapkan sumber daya manusia (SDM) untuk mendukung pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

“Saya menaruh harapan besar agar universitas dapat memberikan kontribusi yang positif bagi masyarakat di sekitar pada umumnya, dan lebih besar lagi untuk kemajuan bangsa Indonesia,” ujar Muhadjir dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu (4/11/2023).

Selain itu, kampus dan juga pemerintah setempat didorong untuk dapat membantu penyiapan SDM, khususnya tenaga kerja lokal yang dapat mendukung pembangunan IKN.

Sebelumnya, Menko PMK berkunjung ke Kampus Nusantara Universitas Gunadarma sekaligus memberikan arahan pada sosialisasi Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

Kegiatan tersebut mengusung tema Integrasi Kewarganegaraan Digital dan Kreasi Generasi Alpha di Mayantara.

Dalam kegiatan itu, Universitas Gunadarma menggandeng Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) untuk implementasi hasil Hibah GNRM yang diperoleh dari Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan melalui kerja sama dengan Forum Rektor Indonesia.

Tim GNRM Gunadarma mengadakan pelatihan digital kepada para kepala sekolah SD dan SMP, serta penerapan metode pembelajaran digital di lima sekolah di Kecamatan Sepaku dan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara.

Penjabat (Pj) Bupati Penajam Paser Utara, Makmur Marbun, menyatakan komitmen pemda dalam pemberian beasiswa bagi warga lokal. “Pengembangan vokasi juga diprioritaskan dalam pembangunan SDM di PPU”, kata Marbun.

Kehadiran Program Studi Di Luar Kampus Utama (PSDKU) juga mendapat sambutan baik dari pemda dan masyarakat PPU, dan berharap Gunadarma terus mendukung berbagai kebijakan dan program pembangunan di PPU sebagai wilayah penyangga strategis dari IKN.

Rektor Universitas Gunadarma, Prof ES Margianti, mengatakan kehadiran delapan prodi PSDKU merupakan respon kampus dalam mendukung pembangunan IKN melalui sektor pendidikan.

“Kehadiran PSDKU dan berbagai kegiatannya didedikasikan untuk mendukung perekonomian daerah dan pemberdayaan masyarakat di PPU,” kata Margianti.  (Ant/MK)

Pewarta : Indriani
Editor : Zita Meirina

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER