Senin, Juni 17, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Meski Diguyur Hujan, Warga Tetap Antusias Menonton Parade Ogoh-Ogoh

DENPASAR – Suasana malam pengerupukan atau sehari sebelum Hari Raya Nyepi di Kota Denpasar pada Minggu (10/3/2024) diguyur hujan. Meskipun begitu masyarakat tetap antusias menyaksikan parade ogoh-ogoh.

Seperti terpantau di Jalan Teuku Umar Denpasar, tepatnya di kawasan bundaran Simpang Enam, terlihat ratusan warga memadati area tersebut untuk menyaksikan para pemuda-pemudi atau Sekaa Teruna Teruni (STT) dari sejumlah banjar adat di Desa Dauh Puri Kauh yang melaksanakan parade ogoh-ogoh.

Bobby Putra, salah satu penonton mengungkapkan, dirinya telah sejak sore hari berada di area Simpang Enam Denpasar untuk menanti atraksi ogoh-ogoh.

“Karena momen seperti ini, mungkin hanya bisa kami saksikan setahun sekali, maka walau hujan kami tetap datang,” kata pria kelahiran Malang yang sudah menetap 15 tahun di Kota Denpasar, yang hadir bersama buah hati dan istri tercintanya.

Lain lagi Johanes, mahasiswa asal Flores, Nusa Tenggara Timur. Kehadirannya untuk menonton pawai ogoh-ogoh karena merupakan momen pertama baginya. Sebab baru tahun ini dia datang ke Pulau Dewata untuk berkuliah.

“Utamanya, karena rasa penasaran saja, ingin melihat lebih dekat. Sebab sebelumnya hanya bisa menonton lewat televisi atau media sosial saja,” ujar Johanes yang hadir bersama rekan-rekannya.

Diketahui, pawai ogoh-ogoh di Kota Denpasar untuk menyambut Hari Raya Nyepi dibatasi hingga pukul 12 malam. Hal itu berdasarkan surat Keputusan Bersama Bendesa Madya Majelis Desa Adat (MDA) dan Sabha Upadesa Kota Denpasar.

Nantinya seusai malam pengerupukan, umat Hindu akan melaksanakan Catur Brata Penyepian yang berlangsung selama 24 jam. Mulai Senin (11/3/2024) sejak pukul 06.00 pagi hingga 06.00 pagi keesokan harinya. Selama pelaksanaan Nyepi di Bali, seluruh masyarakat tidak diperkenankan melakukan aktivitas di luar rumah. (dre)

Editor: Agus S

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER