Senin, Juli 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Pemuda Katolik Denpasar Sukses Gelar Mapenta, Buktikan Kaderisasi Terus Berjalan

DENPASAR – Organisasi kepemudaan nasional bernafaskan ajaran katolik, yakni Pemuda Katolik Komisariat Cabang (Komcab) Kota Denpasar, sukses menggelar masa penerimaan anggota baru (Mapenta), di Rumah Kebangsaan dan Kebhinekaan, Jalan Trengguli, Penatih, Denpasar Timur, pada Sabtu (26/8/2023).

“Mapenta merupakan salah satu tonggak perekrutan kader-kader baru dan juga program kerja organisasi yang bermuara para kader tersebut disiapkan untuk menjadi calon pemimpin dimasa depan,” kata Ketua Pemuda Katolik Denpasar Richardus AB Dappa.

Dia mengatakan, ada sebanyak 16 kader baru telah direkrut dan ditetapkan menjadi anggota baru dalam kegiatan ini.

Menurutnya, sebelum mereka ditetapkan menjadi kader baru, selama seharian penuh para calon kader dipaparkan beragam materi, utamanya terkait pengenalan organisasi Pemuda Katolik dan ketrampilan berorganisasi.

“Kami cukup gembira, karena dari belasan kader baru itu, mereka memiliki profesi serta latar belakang yang beragam, yakni mulai dari jurnalis, karyawan swasta, pengusaha, mahasiswa, hingga mantan aktivis,” ucap Ricky sapaanya.

Lebih lanjut Ricky mengatakan, suksesnya kegiatan Mapenta menjadi ajang pembuktian bagi organisasinya, khususnya di Denpasar yang sempat mengalami kevakuman beberapa tahun sebelumnya. Namun dengan hadirnya kegiatan ini telah menjadi pembuktian bahwa regenerasi kader terus berjalan.

“Begitupun juga menjadi harapan baru bagi kami, akan terjaminnya eksistensi Pemuda Katolik Denpasar,” tutur Ricky.

Foto bersama Para pengurus Pemuda Katolik Denpasar dengan tamu undangan dalam kegiatan Masa Penerimaan Anggota Baru, pada Sabtu (26/8/2023). (Andre Putra)

Kedepan ia mengatakan pihaknya akan terus membangun sinergi bersama seluruh umat gereja pastoral di tiga paroki wilayah di Kota Denpasar, serta lintas elemen organisasi kepemudaan dan juga termasuk dengan pemerintah daerah.

“Kami telah merencanakan audiensi dengan Walikota Denpasar (IGN Jaya Negara), gunanya agar eksistensi dan keberadaan kami lebih dikenal. Selain juga sebagai bentuk keterlibatan nyata dari kami untuk pembangunan gereja, bangsa dan negara,” tandas mantan Ketua KMK Universitas Warmadewa ini.

Sementara itu, dalam acara protokoler pembukaan kegiatana Mapenta, turut dihadiri Penasehat Awam Pemuda Katolik Denpasar yakni Dr. Agustinus Dei Segu dan Kornelius I Made Armanto, lalu ada Founder Rumah Kebangsaan dan Kebhinekaan, Ketut Udi Prayudi; dan turut pula dihadiri Anggota Komisi II DPRD Provinsi Bali, Grace Anastasia Surya Widjadja.

Dr. Agustinus Dei Segu berpesan, agar Pemuda Katolik Denpasar terus menjaga marwah organisasi dengan terus mengakar dalam pelayanan dan karya kemanusiaan baik di dalam gereja maupun diluar gereja.

Sedangkan Founder Rumah Kebangsaan dan Kebhinekaan, Ketut Udi Prayudi berharap eksistensi dari Pemuda Katolik di Kota Denpasar dapat menjaga nilai-nilai pluralisme serta kebhinekaan dan menjaga persatuan diantara organisasi kepemudaan lainnya.

“Selain itu semoga kedepannya Pemuda Katolik Denpasar bisa mendorong kader-kader terbaiknya untuk terjun kepanggung politik. Supaya nilai aktualisasi kepemimpinan yang telah dipupuk di dalam organisasi ini bisa menjadi representasi keterwakilan umat dan gereja,” tambah Grace Anastasia. (Dre)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER