Senin, Mei 20, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Polda Bali Kerahkan Ribuan Personel Malam Tahun Baru

DENPASAR – Kepolisian Daerah Bali, mengerahkan ribuan personel, disejumlah tempat wisata yang menjadi pusat keramaian, saat malam tahun baru.

Kapolda Bali Irjen. Pol. Ida Bagus Kade Putra Narendra, S.I.K., M.Si., di Gedung Rupatama Polda Bali, Jumat (29/12/2023) menjelaskan, pengamanan malam tahun baru Polda Bali dan Polres jajaran akan menurutnya ribuan personel yang tergabung dalam operasi lilin agung, operasing mantap brata dan personel yang tersprin penembalan.

“Untuk wilayah Polresta Denpasar dan Polres Badung akan di backup Polda Bali. Dan, dalam pengamanan personel memfokuskan sejumlah titik kumpul wisatawan maupun masyarakat yang merasakan malam pergantian tahun di Pulau Dewata,” kata Kapolda Bali didampingi Wakapolda Bali Brigjen Pol. Dr. I Gusti Kade Budhi Harryarsana dan Kabid Humas Polda Bali Kombes Pol. Avitus Panjaitan.

Untuk Polresta Denpasar akan menurutkan 688 personel ditambah backup dari Polda Bali sebanyak 361 personel. Sehingga, total ada 1.049 personel yang akan melaksanakan pengamanan, untuk ploting dibeberapa titik seperti Grand Zero, Pantai Kuta.

“Diantaranya, seperti di Garuda Wisna Kencana (GWK) , dan Pantai Kuta,” ucap Jenderal bintang dua ini.

Dimana untuk Di Garuda Wisnu Kencana akan ada event GWK Countdown Tahun 2024, sedangkan Pantai Kuta ada event yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Badung.

Di Grand Zero akan diploting sebanyak  45 personel sedangkan di pantai kuta akan diploting 121 personel dibackup Polda 50 personel, pasar seni kuta diploting sebanyak 75 personel  dan sisanya disebar ke seluruh titik keramaian diwilayah Polresta Denpasar.

Sedangkan untuk pengamanan event GWK Countdown 2024  yang berlokasi Garuda Wisnu Kencana  akan melibat 200 personel dalam pengaman tersebut dengan rincian 133 personel Polda Bali, 10 personel Polresta Denpasar dan 57 personel yang terlibat Operasi Manta Brata Agung.

Pola pengamanan GWK Bali Countdown 2024 di Tamana Budaya Garuda Wisnu Kencana dilaksanakan dengan sistem terbuka dan tertutup, dimana pada lokasi kegiatan dalam pola ring 1,2 dan 3. Untuk ring 1 area inti kegiatan, ring 2 akses masuk/gate dan area luar lokasi GWK Bali Countdown 2024 dan terakhir ring 3 pengamanan jalur menuju GWK.

Tidak hanya itu, Polda Bali juga akan lakukan penambahan personel dalam pengamanan malam tahun baru 2024 sebanyak 171 personel yang akan menempati 4 titik pusat keramaian seperti di catur muka, lapangan bajra sandhi, taman kota lumintang dan pantai kuta.

Tidak hanya itu, sesuai permintaan  back up Polresta Denpasar akan di back up juga oleh 20 personel rainmas Ditsamapta, 14 anti anarkis Satbrimob, 88 personel penembalan dari polda Bali 15 personel  bintara remaja polres Bangli, 15 bintara remaja polres Klungkung dan 20 bintara remaja polres Buleleng.

Sedangkan untuk Polres Badung akan diback up oleh 25 personel bintara remaja Polres Karangasem, 30 personel Ditlantas Polda Bali, dan 1 regu Gegana Satbrimob. Untuk Power On Hand  Kapolda Bali 54 personel PHH SatBrimob Polda Bali dan 30 Dalmas Ditsamapta Polda Bali

Dia mengatakan, sebelum melaksanakan pengamanan malam Tahun Baru 2024 akan dilaksanakan apel kesiapan dan pengecekan.

“Dimana apel akan di bagi menjadi 3 tempat yaitu apel di laksanakan di halaman Mapolda Bali dan Central Parkir Kuta, sedangkan yang terlibat pengamanan untuk pengamanan GWK Bali Countdown 2024 akan langsung dipimpin oleh Kapam Dansat Brimob Polda Bali KBP. Firdaus Wulandto,” pungkas Kapolda.(WIR)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER