Rabu, Mei 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Seribuan Pelajar dan Guru di Klungkung Ramaikan Pameran Pendidikan

KLUNGKUNG – Seribuan pelajar dan guru di Kabupaten Klungkung, Bali meramaikan ajang pameran pendidikan atau Klungkung Education Exhibition 2024 di Alun-alun Dewa Agung Jambe, Klungkung, Senin.

Pameran pendidikan tersebut dibuka dengan Tari Penyembrama massal yang diikuti oleh 500 orang siswa SD dan SMP di daerah itu. Pameran yang berlangsung selama tiga hari sejak Senin 6 Mei sampai 8 Mei 2024 memamerkan kreativitas kesenian maupun hasil karya para guru dan pelajar di daerah Klungkung dalam rangka Hari Pendidikan Nasional.

Pameran tersebut dibuka oleh Asisten III Administrasi Umum Dewa Gde Darmawan mewakili Penjabat Bupati Klungkung I Nyoman Jendrika.

Gde Darmawan mengatakan seluruh insan pendidikan di Kabupaten Klungkung sudah maksimal untuk mencapai pendidikan karena sebagian dari proses pendidikan itu akan ditampilkan dalam ajang pemeran pendidikan tersebut berupa hasil karya.

Dia mengatakan prestasi yang diraih oleh Kabupaten Klungkung selama ini tidak terlepas dari usaha yang tulus dan tak mengenal lelah dari seluruh insan pendidikan di daerah itu.

“Saya menyakini sepenuhnya melalui Klungkung Education Exhibition 2024 ini, ingin menyampaikan kepada masyarakat berbagai upaya yang telah berhasil dilakukan di sektor pendidikan,” katanya.

Namun demikian, dirinya mengingatkan para pendidik di daerah itu untuk tetap menjaga semangat kerja sambil membenahi sistem pendidikan di daerah itu untuk menghasilkan peserta didik yang berkompeten.

“Pembangunan di bidang pendidikan tidak boleh ada yang terhenti prosesnya, harus terus berjalan dan berkesinambungan. Mari kita bergerak bersama melanjutkan program Merdeka Belajar seperti tema Hardiknas kita di Tahun 2024 ini,” kata Darmawan seperti yang dikutip dari keterangan tertulisnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Klungkung Educational Exhibition 2024 I Nyoman Sukadana mengatakan Klungkung Education Exhibition 2024 mengambil tema “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar” berlangsung selama 3 hari mengambil tempat di seluruh area Alun-alun Ida Dewa Agung Jambe, SMPN 1 Semarapura, SMPN 2 Semarapura dan SMAN 2 Semarapura.

Dalam pameran tersebut, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Klungkung juga menggelar berbagai kegiatan perlombaan yaitu lomba seni pelajar siswa SD dan SMP dengan kegiatan melukis, alih aksara latin ke aksara Bali, masatua Bali, mapidarta Basa Bali, Dharma wacana, Macepat/sekar alit, makidung/sekar Madya, dan makekawin,.

Selain itu, ada perlombaan Baleganjur , parade drum band dan lomba permainan untuk siswa jenjang PAUD, pementasan bintang siswa dan guru jenjang PAUD, SD, SMP, SMA/SMK.

Kuliner olahan para pelajar dari berbagai jenjang pun turut dihadirkan dalam pameran pendidikan tersebut. (ant/sb)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER