Minggu, September 24, 2023
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

SOUL Action Eco Enzyme Menjadi Recovery Danau Batur

BANGLI – Yayasan Cahaya Cinta Kasih (YCCK) melanjutkan kegiatan Meditasi Bersama “Upgrade Your Heart to Heal the Earth” di tiga kota besar di Indonesia, yaitu Denpasar, Jakarta, dan Surabaya.

YCCK bekerja sama dengan Komunitas Eco Enzyme dalam kegiatan SOUL Action yang diadakan di area Pura Segara Ulun Danu Batur. Tindakan nyata ini bertujuan untuk menyembuhkan bumi, khususnya Danau Batur di Pulau Bali.

Danau Batur adalah sumber air penting bagi sebagian besar penduduk Bali, namun mengalami penurunan kualitas air yang signifikan.

Dalam kegiatan SOUL Action ini, YCCK menerapkan pendekatan inovatif dengan menggunakan Eco Enzyme sebagai solusi untuk memulihkan kualitas air.

Eco Enzyme merupakan hasil dari proses fermentasi limbah organik dapur yang secara efektif mengatasi sedimentasi dan memperbaiki kualitas air yang terus menurun. Pendekatan ini dianggap inovatif karena mengoptimalkan sumber daya alam yang ada secara berkelanjutan.

Selain menuangkan Eco Enzyme ke danau, YCCK juga mendapat dukungan dari Dinas Perikanan Provinsi Bali untuk melepaskan ribuan benih ikan ke perairan Danau Batur, sesuai dengan permintaan masyarakat sekitar.

Tujuan dari tindakan ini adalah untuk memulihkan ekosistem dan melindungi populasi ikan yang menjadi sumber penghidupan sebagian masyarakat lokal. Dengan demikian, diharapkan dapat meningkatkan kelimpahan ikan di danau tersebut.

Ketua Yayasan Cahaya Cinta Kasih, Adek Dharana, menjelaskan bahwa “SOUL Action” kali ini bertujuan mengajak SOUL Community dan keluarga, terutama SOUL Kids dan SOUL Teen, untuk mencintai bumi dalam wujud nyata.

Kegiatan ini merupakan upaya-upaya kecil yang memiliki makna besar dan tidak dapat dilakukan sendirian atau hanya sekali. “Oleh karena itu, YCCK memerlukan upaya bersama dan berkelanjutan, membangun kesadaran masyarakat, dan merealisasikannya,” ujarnya, Minggu (9/7/2023).

SOUL Action Eco Enzyme di Danau Batur diharapkan dapat menjadi solusi pemulihan sektor pariwisata dan ekonomi Bali. Dengan memulihkan kualitas air dan menjaga kelestarian ekosistem, diharapkan dapat menarik kunjungan wisatawan dan memberikan manfaat ekonomi yang positif bagi masyarakat.

“YCCK dan Komunitas Eco Enzyme mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan dukungan masyarakat dalam acara ini,” tutupnya. (009)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER