Sabtu, Mei 18, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

UMKM Badung Dapat Pelatihan Digitalisasi Tingkatkan Omzet Penjualan

BADUNG – Pelaku UMKM di Kabupaten Badung, mendapat pelatihan digitalisasi, guna memperluas pasar dan meningkatkan omzet penjualan.

Hal tersebut Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, pada acara Penandatanganan Kesepakatan Bersama dengan PT. GoTo Gojek Tokopedia Tbk. sekaligus membuka secara resmi Pelatihan UMKM dengan tema Go Digital, Digitalisasi Usaha Menuju UMKM Badung Naik Kelas, di Ruang Rapat Kriya Gosana, Puspem Badung, Jumat (19/1/2024).

“Kegiatan ini satu pembuktian upaya pemerintah melaksanakan visi misi kami di Kabupaten Badung dalam memberdayakan UMKM dengan pola strategi 5M yang memperhatikan Managemen, Man (pelaku UMKM), Money (Permodalan), Material dan Marketing, yang dilanjutkan dengan pola 3si yakni Adaptasi, Kolaborasi dan Inovasi,” ujar Suiasa.

Pemerintah Badung juga memfasilitasi UMKM agar memperoleh permodalan mudah melalui KUR serta BUMDes di masing-masing desa untuk memberikan kredit bunga rendah dan saat ini pun Pemerintah sedang membuat program subsidi yang ditujukan untuk bunga kredit pinjaman UMKM yang dengan besaran pinjaman Rp25 juta.

Pemerintah Kabupaten Badung melakukan kolaborasi untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap produk UMKM. Serta, meningkatkan kapasitas dan kompetensi UMKM dalam hal meningkatkan kemampuan pemanfaatan digital.

“Melalui Diskop UKM kita sudah konsepkan dan sedang dirancang Perbupnya, segi permodalan, membuat satu kebijakan dengan nama SIDI KUMBARA (INOVASI, SUBSIDI, KREDIT USAHA MIKRO, BADUNG SEJAHTERA). tentu acara ini sangat membanggakan kita karena kegiatan ini merupakan wujud nyata kita bersama-sama mengimplementasikan dan membuktikan komitmen kita khususnya kami di Pemerintah Kabupaten Badung dalam upaya untuk kemajuan UMKM,” pungkas Wabup Suiasa.

Ditambahkan, Kepala Dinas Koperasi,UKM dan Perdagangan I Made Widiana bahwa Pemkab Badung sangat memperhatikan perkembangan UMKM dalam hal permodalan, pemasaran dan promosi produk dan sangat mendukung proses digitalisasi UMKM dalam hal ini bekerjasama dengan perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan transportasi dan digitalisasi pemasaran produk UMKM sehingga diharapkan mampu meningkatkan omzet penjualan serta pencatatan secara digital transaksi keuangan UMKM.

“Melalui Kerjasama ini UMKM yang tergabung dalam merchant Go Food akan mendapatkan halaman promosi produk setiap hari dan program promosi harga serta program potongan ongkos kirim sehingga sangat besar harapan kami UMKM Badung bisa naik kelas,” ucapnya.(WIR)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER