Rabu, Mei 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bupati: Bangli Siap Laksanakan Pemilu 2024

BANGLI – Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menyatakan kesiapan melaksanakan pemilihan umum (Pemilu) Tahun 2024 di Kabupaten Bangli.

Didampingi Wakil Bupati Bangli I Wayan Diar dalam rapat koordinasi di Kantor Bupati Bangli, Rabu (31/1), Bupati Sedana Arta mengucapkan terima kasih ke seluruh jajaran Forkopimda atas masukan dan saran yang disampaikan guna kelancaran proses pelaksanaan Pemilu tahun 2024 di Kabupaten Bangli.

“Apapun pilihan dan hasilnya nanti mari kita hormati dan jaga guna menciptakan Pemilu yang damai,” ujar Bupati.

Terkait dengan kesiapan Forkopimda Bangli dalam proses pelaksanaan Pemilu, “Kita akan turun untuk memonitoring mulai dari pengecekan kesiapan berkas yang ada gudang logistik KPUD Bangli dan tempat lainnya guna memastikan keamanan dan kesiapan KPUD Bangli dalam proses pemilu tahun 2024,” tambah Bupati.

“Mari bekerja sama serta komunikasi yang baik dalam menjaga keamanan dan kenyamanan proses pemilu hingga akhir Pungut hitung suara, perbedaan kita jadikan kekuatan untuk menjaga kondusifitas Pemilu tahun 2024,” tegas dia

KPU Bangli telah melaksanakan tahapan-tahapan penyelenggaraan Pemilu Tahun 2024 dengan berbagai ketentuan di antaranya tentang Pemasangan Alat Peraga Kampanye dan keputusan tentang penetapan jadwal dan lokasi kampanye

KPU Bangli mencatat jumlah pemilih yang sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap ada sebanyak 195.894 Pemilih dari 72 Desa dengan 802 TPS yang tersebar di masing-masing Wilayah di Kabupaten Bangli.

Kemudian pemilih pindahan yang masuk/menggunakan hak pilih di Kabupaten Bangli per-Tgl 30 Januari 2024 sebanyak 660 Pemilih dan yang pindah keluar sebanyak 362 pemilih.

Saat ini pihak penyelenggara Pemilu sedang melaksanakan Loading/pengepakan logistik pemilu yang hari ini harus selesai dan akan di distribusikan H-3 tanggal 12 dan 13 Februari 2024 dengan menggunakan 20 Armada.

Sedangkan Bawaslu Bangli saat ini fokus dalam pengawasan dan memetakan tingkat kerawanan tinggi yang kemungkinan bisa terjadi di TPS wilayah Bangli, dengan potensi akan melakukan pengawasan secara ketat dan tepat.

Terkait dengan situasi dan kondisi tahapan kampanye Pemilu di wilayah Bangli tidak ada hal-hal yang begitu menonjol, dimana kegiatan kampanye sangat minim dibanding Kabupaten/Kota lainnya di Bali.

Dan, kesiapan pelaksanaan Pemilu tahun 2024, Polres Bangli selalu berkolaborasi dengan pihak TNI dan unsur pengamanan lainnya dan sampai saat ini tidak ada kejadian yang menonjol.

Dalam rapat tersebut hadir anggota Forkopimda, Wakil Ketua Pengadilan Negeri Bangli, Ketua KPUD Bangli, Koordinator Divisi Hukum Pencegahan Partisipasi Masyarakat dan Humas Bawaslu Bangli, pimpinan OPD (organisasi perangkat daerah). (ant/sb)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER