Senin, Juli 22, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Bupati Karangasem Cek Kualitas Jalan di Jalur Alternatif Warga

KARANGASEM– Bupati Karangasem, Bali, I Gede Dana turun langsung memeriksa kualitas proyek infrastruktur jalan yang direkonstruksi karena merupakan jalur alternatif warga di Kecamatan Abang.

“Tadi saya bersama kepala dinas PUPR dan tim teknis melakukan pengecekkan kualitas bahan dan pengerjaannya. Karena akses jalan ini sangat penting dan ramai dilintasi kendaraan warga, jadi kualitas pengerjaannya harus betul-betul diawasi,” kata dia di Karangasem, Bali, Minggu.

Gede Dana menyebut rekonstruksi jalan berupa peningkatan ruas ini penting bagi warga Kecamatan Abang, karena jalan ini cukup vital sebagai jalur tercepat untuk mereka bekerja ke pusat Kota Amlapura.

Dari hasil pantauannya di saat akhir pekan itu, Bupati Karangasem melihat kualitas pengerjaan proyek terbilang baik dan sesuai perencanaan.

“Jalan tersebut sudah diperlebar, untuk bagian yang diaspal saja itu lebarnya 3 meter belum termasuk lebar bahu jalan yang diibetonisasi,” tutur orang nomor satu di Pemkab Karangasem itu.

Rekonstruksi jalan Abang-Kikian itu dilakukan sepanjang 2,150 kilometer dengan waktu pengerjaan 120 hari kalender, di mana dari penjelasan Gede Dana rekonstruksi ruas jalan meliputi lapis permukaan ac-wc dengan bangunan pelengkap seperti pembangunan gorong-gorong, saluran, sandaran, dan beton bahu jalan.

Selain memanfaatkan waktu libur untuk memeriksa proyek jalan alternatif tercepat warga Kecamatan Abang, Bupati Karangasem juga memantau kondisi ruas jalan yang menghubungkan Dusun Teki dengan Panglega, di Desa Datah, Kecamatan Abang, yang terputus akibat terjangan banjir bandang beberapa bulan silam.

Gede Dana akhirnya mengusulkan untuk dilakukan peningkatan ruas jalan serupa, sehingga nantinya ruas jalan penghubung dua dusun tersebut bisa diperlebar dengan badan jalan hotmix.

“Kondisi jalan memang sudah ada rabat beton, tapi kondisinya sudah mengalami kerusakan, dan ada badan jalan yang putus. Akses jalan tersebut sangat vital karena menjadi akses ekonomi dan pendidikan warga. Kami akan usahakan perbaikannya bisa segera dilakukan,” ujarnya.

Ia juga menyempatkan diri melihat pembangunan wantilan di Kantor Camat Abang, di sana ia memastikan progres pembangunan sambil meminta agar kapasitas wantilan mampu memuat banyak warga karena kerap kali lokasi ini dimanfaatkan warga untuk berkumpul dan berkegiatan.(ant/sb)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER