Jumat, September 22, 2023
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Dua Hektare Lahan di Bukit Teletubbies Nusa Penida Terbakar

KLUNGLUNG – Peristiwa kebakaran terjadi di lahan tandus Bukit Teletubbies Desa Sekartaji, Kecamatan Nusa Penida, Klungkung, Bali pada hari Kamis, (17/8/23) Siang.

Kapolsek Nusa Penida, Kompol Ida Bagus Putra Sumerta mengatakan kebakaran pertama kali dilihat oleh seorang mahasiswi yang sedang melakukan tugas lapangan. Mahasiswi tersebut melihat ada kepulan asap saat melintas dan segera melaporkan peristiwa yang terjadi.

“Saksi melihat api pukul 12.30 Wita, kemungkinan sudah terbakar cukup lama, saat kami dan Damkar (Pemadam Kebakaran) ke lokasi banyak yang sudah terbakar, kira kira ada lebih dari 2 hektare ” terang Kompol Sumerta.

Saat melakukan pemadaman petugas Damkar menemukan kendala, sebab mobil Damkar tidak dapat menjangkau letak lokasi kebakaran. Akibatnya upaya pemadaman hanya bisa dilakukan manual oleh 5 orang petugas Damkar Nusa Penida dibantu Polisi dan Tentara. “Dengan usaha yang keras api bisa dipadamkan sekitar pukul 14.30 Wita,” terang Sumerta.

Menurut Putra Sumerta, yang terbakar hanya berupa lahan kosong dan rerumputan kering. Penyebab terjadinya kebakaran¬† belum diketahui. “Kawasan disini sangat kering kemungkinan kebakaran karena cuaca panas,” ujarnya.

Dirinya mengimbau masyarakat agar tidak membuang rokok atau bahan yang menjadi titik api sembarangan ke lahan kering di kawasan tersebut atau sengaja membakar. “Sebab, rumput di Bukit Teletubbies juga dimanfaatkan untuk pakan ternak warga setempat”, pungkasnya. (SAR)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER