Sabtu, Juli 13, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Peran KTNA Denpasar Penting Wujudkan Kemandirian Pangan

DENPASAR – Peran Kelompok Kontak Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) Kota Denpasar, diyakini berkontribusi dalam pertumbuhan ekonomi yang sehat, terutama dalam bidang pertanian, peternakan dan hasil laut.

Hal itu dikatakan, Sekretaris Daerah Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana, usai mengukuhkan pengurus kelompok KTNA, periode 2023-2028, di Kantor BKPSDM, Lumintang, Jumat (24/11/2023).

“KTNA berperan penting dalam mempersatukan petani dan nelayan dengan pengusaha pangan, untuk meningkatkan perluasan ruang usaha untuk kemandirian pangan,” katanya.

Alit Wiradana menegaskan, pembangunan daerah bukan menjadi tanggung jawab pemerintah saja, namun semua elemen masyarakat.

“Untuk itu, dalam pertumbuhan ekonomi yang menjadi catatan bukan hanya keuangan saja, melainkan juga harus ada aspek sosial dan pemberdayaan lingkungan dan masyarakat yang harus diperhatikan,” tegasnya.

Adapun jajaran pengurus inti yang dikukuhkan, berjumlah 7 orang dengan Ketua Umum, Ir. Wayan Merta Jiwa, MP dan Sekretaris Ni Wayan Purnami Rusadi.

Ketua Panitia kegiatan, Anak Agung Ngurah Gede Windhi Kusjaya menjelaskan, Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (Kelompok KTNA) adalah organisasi profesi dan bersifat independent yang berorientasi pada kegiatan sosial ekonomi di sektor pertanian, perikanan dan kehutanan, berbudayakan agribisnis berbasis di pedesaan dan berwawasan lingkungan.

Sesuai dengan Surat Keputusan (SK) Kepengurusan Kelompok KTNA dari tingkat Desa/Kelurahan sampai Nasional , Pengurus Kelompok KTNA di seluruh Indonesia  berjumlah lebih dari 600 ribu orang.

“Hari ini selain pengukuhan pengurus Kota Denpasar, kami juga menyelenggarakan sarasehan bertema “Rangkul Pasar Produksi Lancar”. Sarasehan ini juga dapat dijadikan sebagai forum konsultasi dan dialog antar Kelompok KTNA dan juga para stakeholder terkait,”¬†jelasnya.(WIR)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER