Minggu, Juli 14, 2024
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Plt Bupati Klungkung Ingin Layanan Kesehatan Terus Bertransformasi

KLUNGKUNG – Pelaksana Tugas Bupati Klungkung I Made Kasta menginginkan agar layanan kesehatan di daerah itu terus bertransformasi dan berkolaborasi dengan banyak pihak guna meningkatkan layanan kesehatan berkualitas.

Saat memperingati Hari Kesehatan Nasional Tahun 2023 di Balai Budaya Ida Dewa Agung Istri Kanya, Klungkung, Selasa, Made Kasta menyampaikan bahwa dengan adanya sinergi yang kuat dan kolaborasi yang erat antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan seluruh elemen masyarakat, tujuh pilar transformasi kesehatan bisa diwujudkan untuk perubahan yang lebih baik.

Adapun ketujuh pilar tersebut antara lain transformasi layanan primer, transformasi layanan rujukan, transformasi ketahanan kesehatan, transformasi pembiayaan kesehatan, transformasi SDM Kesehatan, transformasi teknologi kesehatan dan transformasi budaya kerja.

Made Kasta berharap agar ke depan dapat tercipta kolaborasi antara pelayanan kesehatan medis dengan pelayanan kesehatan non-medis di Kabupaten Klungkung.

“Bangun koordinasi dan kerja sama yang baik antar tenaga kesehatan guna membantu mewujudkan tubuh dan jiwa yang sehat dan kuat demi Indonesia Emas 2045,” kata Made Kasta.

Sementara itu, Ketua Panitia HKN 2023 I Ketut Ardana melaporkan dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional Tahun 2023, panitia HUT mengadakan berbagai acara di antaranya workshop dan sosialisasi Perbup tentang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Rabies pada tanggal 30 Oktober 2023, bakti sosial pengobatan tanggal 10 November 2023, Seminar Kesehatan pada tanggal 16, 17, 18 November 2023.

Kemudian, berbagai perlombaan dan pertandingan olahraga tanggal 24 November 2023, jalan santai, kampanye Gerakan Masyarakat Sehat, Zumba bersama, pemeriksaan kesehatan, dan donor darah tanggal 24 November 2023, sembahyang bersama pada tanggal 27 November 2023, dan puncak acara HUT HKN Tahun 2023 pada tanggal 28 November 2023.

I Ketut Ardana menambahkan Hari Kesehatan Nasional ke-59 Tahun 2023 mengusung Tema “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju.”

Dalam HUT HKN tahun 2023 di Kabupaten Klungkung disertai dengan launching aplikasi Aksi Kesiapsiagaan Emergensi berbasis android yang bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada masyarakat Klungkung untuk mengakses layanan emergensi yang sudah terintegrasi pada aplikasi tersebut.

Dalam kegiatan itu pula, Plt. Bupati Klungkung memberikan piagam penghargaan kepada klinik yang berperan aktif dalam penanggulangan COVID-19, kader Posyandu Teladan Kabupaten Klungkung Tahun 2023, serta pemberian penghargaan kepada dokter yang berjasa dalam pelayanan medis.

Bupati juga menyerahkan dua penghargaan dari Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin kepada Kabupaten Klungkung sebagai Kabupaten/Kota dengan nilai kepuasan masyarakat tertinggi terhadap layanan pengaduan Puskesmas Tahun 2023.

Kemudian tanda penghargaan sebagai Kabupaten/Kota dengan indeks persepsi masyarakat terbaik terhadap pelayanan Puskesmas tahun 2023. (ant/sb)

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img
spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

BERITA POPULER